Mengenal Pijat Refleksi

Selama ini, kita sudah mengenal yang namanya pijat refleksi, yang dalam bahasa Inggrisnya disebut juga reflexology. Terapi alami ini sudah ada sejak 2500 SM di Mesir kuno, dan telah dipraktikkan di berbagai tempat lainnya di seluruh dunia, oleh suku Indian kuno hingga Afrika. Pada peralihan abad ke-19, refleksologi diperkenalkan secara modern oleh spesialis THT bernama Dr William Fitzgerald, dan ahli fisioterapi Eunice Ingham. Tak lama setelahnya diagram refleksologi diperkenalkan ke masyarakat luas.

Pijat Refleksi adalah jenis pengobatan holistik yang sederhana, dan aman untuk dilakukan. Pijatan dilakukan pada beberapa titik di kaki, tangan, punggung dan kepala, yang mewakili semua organ internal, sistem tubuh, anggota badan, dan kelenjar. Dengan menstimulasi titik-titik ini dengan beberapa jari dan teknik tertentu, organ-organ yang berhubungan akan mendapatkan efek langsung sebagai hasilnya.

willi29b

Menurut prinsip Pijat Refleksi, kaki kiri merepresentasikan semua organ, anggota badan, dan kelenjar yang ada di bagian kiri tubuh, sementara kaki kanan mewakili semua organ, anggota badan, dan kelenjar yang berada di sisi kanan tubuh. Jari-jari kaki mewakili kepala, termasuk gigi, mata, telinga, mulut, hidung, dan otak, sementara area antara di bawah jari kaki dengan telapak kaki mewakili area dada dan payudara, termasuk juga jantung dan paru-paru.

Bagian lekukan di kaki mewakili semua organ internal pencernaan, seperti lambung, liver, kandung empedu, dan limpa. Sementara bagian separuh ke bawah dari lekukan tersebut mewakili usus dan kandung kemih.
Ini hanya gambaran sekilas saja. Para Ahli Terapi Pijat Refleksi biasanya telah terlatih untuk “membaca” dan mengartikan kondisi kaki, yang dapat memberi indikasi seputar kesehatan fisik seseorang, masalah emosional, cedera, hingga riwayat operasi yang pernah dilakukan.

ujgfkdjh

Terapi pijat refleksi dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan seseorang dan cocok untuk segala usia. Terapi ini bisa bermanfaat untuk mereka yang mengalami masalah dengan area punggung dan leher, masalah pencernaan dan reproduksi, problem pada keseimbangan hormon ataupun fertilitas, juga kondisi dada atau paru-paru yang sedang bermasalah. Terapi ini akan dapat memberi manfaat maksimal bila dilakukan oleh praktisi yang telah berpengalaman.